Review Ruangbelajar: Solusi Memahami Fisika dengan Pendekatan Lebih Kekinian

Momen-momen ujian di sekolah baik yang secara nasional ataupun lingkupnya sekolah memberikan perbedaan cara belajar bagi siswa. Ada teman-temanku yang beranggapan bahwa belajar itu tidak melulu harus di rumah. Tetapi, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa belajar di rumah juga mengasyikkan. Kalau aku lebih suka belajar di rumah. Entah mengapa, aku butuh ruang sendiri dalam memahami suatu pelajaran.

Jujur saja, saat di kelas, aku merasa tidak fokus dan cenderung masuk kuping kanan, keluar kuping kiri atas setiap pelajaran yang aku ikuti. Meskipun sejak SD aku belajar di sekolah negeri yang favorit, hal yang tidak bisa dihindari adalah kegaduhan di kelas. Kegaduhan demi kegaduhan amat membuatku tidak fokus di dalam belajar. Kalaupun masuk ke memoriku, apa yang disampaikan guru mungkin hanya 40-50%. Selebihnya aku tidak memahaminya. Apalagi pelajaran hitungan seperti Matematika, Fisika dan Kimia. Duh…Utamanya Fisika deh membuat aku makin pusing saja.

Bagi kamu yang sepemikiran denganku, pasti kamu juga sempat mencoba ikut-ikut bimbel di luar. Dan ternyata di waktu-waktu genting menjelang UN. Aktivitas bimbel di luar sekolah tidak terlalu berpengaruh. Padahal ada banyak rumus fisika yang harus kita hafalkan dan pahami. Selain itu, banyaknya waktu di luar juga membuat orang tua kamu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kamu bisa bersekolah + bimbel di luar sekolah. Kemudian, kamu mulai berinisiatif untuk bimbel privat. Aku juga sempat berpikiran seperti itu. Tidak ada yang salah, setiap orang punya titik kenyamanannya sendiri. Dan tia orang juga berbeda-beda cara belajarnya. Tetapi, masih belum berhasil juga ckckck

Lalu, aku lebih menemukan gaya pembelajaran berbasis teknologi atau lewat aplikasi yang populer saat ini (a.k.a Bimbel Online). Aku merasa cocok dengan gaya belajar seperti ini. Karena selain praktis dan kekinian, semua materi pembelajaran juga dapat diunduh hanya dengan genggaman tangan (red: smartphone). Begitu pun pelajaran fisika yang selalu menjadi momok untukku. Aku jadi lebih percaya diri untuk bisa menyelesaikan setiap soal Fisika. Dengan kemudahan itu pula, aku seperti memiliki tanggungjawab yang lebih. Aku berpikiran bahwa semakin mudah akses tentang materi pembelajaran Fisika dan lainnya, maka semakin mudah juga materi-materi pelajaran masuk ke dalam memori kita. Dan berimbas positif pada diri kita yang ingin menempuh berbagai ujian nantinya.

Dalam hal ini, aku sangat tertarik dan berterimakasih sekali dengan aplikasi Ruangguru. Dengan fitur Ruangbelajar yang dimilikinya, siswa sepertiku jadi memiliki opsi baru dalam belajar. Berkegiatan belajar secara fisik dan konvensional itu perlu, tetapi belajar dengan gaya baru seperti ini juga perlu. Karena jikalau iklim belajarnya enak, pasti apa yang dipelajari akan mudah dipahami. Apalagi untuk mata pelajaran matematika. Aku tidak bisa hanya sekali guru mengajar langsung memahaminya. Dengan adanya latihan soal-soal, bank soal, misi per misi dan video belajar yang dimiliki ruangbelajar, aku jadi lebih bisa mengulang berbagai pelajaran yang aku tidak bisa memahaminya hanya sekali saja. (paling tidak itu menurut pendapat pribadiku, sih).

Lalu apa yang membedakan Ruangbelajar dengan kompetitor lainnya?   

Sejauh yang aku rasakan saat berlangganan Ruangbelajar, aku mendapatkan banyak sekali fasilitas menarik, diantaranya :

1) Mendapat rangkuman hasil belajar berbentuk infografis yang menarik dan kurasa mengembangkan daya pikir aku terhadap suatu pelajaran.

2) Terdapat kuis soal per sub topik mata pelajaran yang sudah sangat rapi dan terstruktur.

3) Video belajar per sub topik mata pelajaran yang buat aku jadi tambah ngerti dan paham materinya.

4) Video latihan soal yang berbentuk animasi dan membuat aku ga ngantuk saat belajar.

5) Aku juga mendapatkan semacam 3 evaluasi hasil belajar per topik mata pelajaran langsung setelah aku ikut berlangganan dan latihan soal berupa :

– Jumlah jawaban benar

– Waktu pengerjaan

– Point yang didapatkan per topik mata pelajaran

6) Terakhir, aku juga mendapatkan pembahasan soal  langsung setelah selesai mengerjakan per satu soal. Dan itu membantu banget sih menurut aku.

Mungkin ada banyak lagi kelebihan yang dimiliki Ruangbelajar. Kalau kalian ingin diskusi tentang fitur ini bisa juga komentar di blog aku ini ya sobat. Tetapi, tidak tahu kenapa setelah aku mencoba aplikasi ruangguru aku menjadi lebih giat belajar. Aku juga sudah mencoba banyak aplikasi lainnya, namun ruangguru dan fitur ruangbelajarnya terbaik dalam banyak aspek.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s